- CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang diferensiasi konten, proses, dan produk
- CGP dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer
Aturan forum diskusi asinkron:
- Pastikan Anda sudah melihat video penjelasan tentang diferensiasi konten, proses, dan produk, video tentang lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi, serta membaca artikel tentang peran penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi!
- Diskusi asinkron ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman bersama tentang strategi melakukan pembelajaran berdiferensiasi.
- Sikap berpikiran terbuka (open-minded) dan saling menghormati menjadi nilai dasar dari proses diskusi ini.
- Baik fasilitator maupun CGP lain dapat menawarkan pandangan pribadi, tanggapan, juga respon atau menjawab hal-hal yang sedang didiskusikan.
Adapun Pertanyaan untuk diskusi daring:
- Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
- Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
- Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
- Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?
Jawab
1. Informasi yang disampaikan dalam video dan artikel pada modul 2.1 sebagai berikut :
- Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha yang dilakukan guru dalam menyesuaikan pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu.
- Terkait peran guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi terlebih dahulu guru harus melakukan pemetaan kebutuhan murid (Kesiapan Belajar, Minat dan Profil Belajar Murid).
- Untuk melakukan praktik proses Pembelajaran Berdiferensiasi di kelas ada 3 strategi yang dapat dilakukan oleh guru yaitu pertama Diferensisasi Konten; Menyiapkan informasi bahan belajar yang konkrit dan mendasar sesuai dengan gaya belajar murid, kedua Diferensiasi Proses; Membangun pemahaman dan keterampilan murid dengan kompleksitas yang berbeda-beda dan yang ketiga Diferensiasi Produk; Murid mampu menunjukan hasil unjuk kerja baik secara individu maupun kelompok.
2. Gagasan baru yang saya dapatkan dari video dan artikel tersebut ialah
- Menciptakan lingkungan yang dapat mendukung pembelajaran berdiferensiasi melalui komunitas belajar (learning comunity) yang anggotanya adalah pembelajar.
- Membangun hubungan komunikasi yang baik, jujur dan terbuka kepada murid agar murid mau mengikuti instruksi dan saran dari guru. Sehingga hal ini akan memudahkan seorang guru dalam melakukan penilaian dalam proses pembelajaran untuk mengetahui kebutuhan belajar murid yang berbeda sesuai perkembangan murid.
3. Menurut saya yang sulit diimplementasikan ialah
- Terkait penilaian formatif atau penilaian berkelanjutan yang harus dilakukan oleh guru pada saat proses pembelajaran sebab guru harus memantau pengetahuan, pemahaman dan keterampilan murid secara konsisten sesuai bakat dan minat belajar murid.
- Membangun pemahaman dan keterampilan yang sama pada murid tetapi dilakukan dengan kompleksitas yang berbeda.
4. Pertanyaan yang masih saya perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?
- Bagaimana peran guru melakukan penilaian pembelajaran berdiferensiasi pada setiap anak yang berbeda-beda tingkat pemahamannya.?
- Berikan contoh pemetaan kebutuhan murid berdasarkan 3 aspek tersebut yaitu tentang Kesiapan Belajar, Minat Belajar dan Profil Belajar Murid ?
- Berikan contoh konkrit yang lain dalam menyiapkan bahan belajar (konten) yang sesuai dengan gaya belajar murid?
Berikut ini adalah kesimpulan pemahaman saya mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi menggunakan Diagram Frayer dapat anda lihat DISINI
3 Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi
0 komentar:
Posting Komentar