Selasa, 12 Oktober 2021

1.4.a.6 Refleksi Terbimbing-Budaya Positif



1.4.a.6 Refleksi Terbimbing-Budaya Positif

Tujuan Pembelajaran : CGP dapat melakukan refleksi terkait pemahaman nya mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif.

Pertanyaannya sebagai berikut !

1. Sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep inti yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Adakah hal-hal yang menarik untuk Anda dan di luar dugaan?

Hal menarik diluar dugaan saya terkait perubahan disiplin positif di sekolah tentunya tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan dalam merubah cara berpikir murid akan tetapi harus dimulai dari guru itu sendiri memahami dan menganalisis kebutuhan dasar murid-murid kita maka dari itu terlebih dahulu perlunya kita membangun kesepakatan kelas sehingga akan membantu kita dalam mengontrol perubahan perilaku murid agar tercipta lingkungan sekolah yang positif, aman dan nyaman. Adapun posisi kontrol diri yang dapat kita terapkan sebagai mentor dalam memotivasi murid ialah bagaimana memposisikan murid sebagai teman yaitu pada posisi ini guru tidak menyakiti akan tetapi menjalin hubungan baik dengan murid atau bisa juga sebagai pemantau dalam memonitor perilaku murid berdasarkan keyakinan kelas dalam mewujudkan visi impian kita.

2. Tuliskan pengalaman Anda dalam menggunakan konsep-konsep inti tersebut dalam menciptakan budaya positif baik di lingkup kelas maupun sekolah Anda.

Pengalaman yang pernah saya lakukan di sekolah menggunakan konsep budaya positif ialah ketika ada siswa yang selalu mengabaikan tugas dan tanggung jawabnya membersihkan ruangan kelas dan lingkungan sekolah pada setiap hari piket mereka. Pada kasus ini saya tidak menghukum siswa yang tidak mengerjakan tugas piketnya secara langsung akan tetapi saya memposisikan diri sebagai pemantau yaitu bertanya kepada siswa masih ingat kah dengan kesepakatan kita di kelas, bahwa siswa yang tidak menaati aturan konsekuensi nya seperti apa ? karena saya lebih mengandalkan data yang saya miliki dan menunjukan catatan-catatan tersebut kepada siswa yang melanggar aturan secara berulang dengan kesalahan yang sama.

3. Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan segitiga restitusi ketika menghadapi permasalahan murid Anda? Jika iya, ada di posisi manakah Anda?

Iya, saya pernah menghadapi permasalahan siswa di kelas dan menerapkan segitiga restitusi pada posisi Manajer ialah ketika menghadapi murid yang tidak jujur, seperti contoh kasus yang saya alami ada salah seorang siswa di sekolah yang melapor bahwa uangnya hilang di dalam tas nya ketika waktu istirahat, setelah saya bertanya ke semua siswa di kelas tak satupun siswa yang mengaku dan ingin mengembalikan uang temannya tersebut, maka tindakan yang saya ambil pada saat itu ialah mengajukan beberapa pertanyaan dan mengindentifikasi kasus tersebut dari teman-teman dekatnya serta memberikan pemahaman kepada semua siswa tentang kejujuran yang mereka yakini pada diri mereka dan dampak yang akan mereka dapatkan jika berperilaku tidak jujur.

4. Perubahan apa yang terjadi pada cara berpikir Anda dalam menciptakan budaya positif di kelas maupun sekolah Anda setelah mempelajari modul ini?

Perubahan yang terjadi pada cara berpikir saya dalam menciptakn budaya positif disekolah ialah dalam menerapkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa disekolah sebagai guru harus menggunakan strategi yang tepat untuk melakukan perubahan disiplin positif yaitu tentang bagaimana pentingnya memiliki keyakinan kelas, bagaimana memahami kebutuhan dasar siswa dan bagaimana memotivasi siswa menggunakan posisi kontrol sebagai manajer.

5. Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran?

Modul ini sangat penting bagi saya sebab untuk mencapai tujuan yang merdeka, menjadi pelajar sepanjang hayat yang memiliki nilai-nilai profil pelajar pancasila tidak lepas dari peran utama kita sebagai guru dalam menciptakan budaya disiplin di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar yang berdampak pada pertumbuhan karakter siswa.

6. Apa yang Anda bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di lingkungan Anda setelah Anda mempelajari modul ini?

Yang bisa saya lakukan untuk membuat dampak perbedaan dilingkungan sekolah pada saat menanamkan disiplin positif pada murid melalui segitiga restitusi yaitu
  1. Menstabilkan identitas dengan cara melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan
  2. Validasi tindakan yang salah, menggunakan cara yang efektif untuk memenuhi kebutuhan dasar siswa walaupun bertabrakan dengan kebutuhan lain.
  3. Menanyakan keyakinan dengan selalu memotivasi untuk menghubungkan dengan nilai-nilai yang dia percaya terhadap dampak positif nantinya.
7. Selain konsep-konsep tersebut, adakah hal-hal lain yang menurut Anda penting untuk dipelajari dalam proses menciptakan budaya positif baik di lingkungan kelas maupun sekolah?

Hal-hal lain yang menurut saya sangat penting untuk dipelajari ialah tentang bagaimana mendisiplinkan murid menggunakan teori kontrol yang tepat dalam memecahkan berbagai macam kasus yang terjadi di kelas maupun di sekolah.

8. Langkah-langkah awal apa yang akan Anda lakukan jika kembali ke sekolah/kelas Anda setelah mengikuti sesi ini?

Langkah awal yang akan saya lakukan ialah membuat kesepakatan kelas dengan siswa terkait penerapan disiplin positif menjadi keyakinan kelas untuk mendapatkan nilai-nilai kebajikan siswa.


0 komentar:

Posting Komentar

Administrasi PAidB Kelas 1-6 Kurikulum Merdeka

Berikut ini saya bagikan link administrasi pembelajaran Pendidikan agama islam dan Budi Pekerti Kelas 1-6 Kurikulum Merdeka, yang didalam fi...