Senin, 08 November 2021

2.1.a.9 Koneksi Antar Materi - Modul 2.1



Berikut ini adalah tugas pada modul 2.1.a.9 Koneksi Antar Materi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.

Dibuat Oleh : Zulkifli Syafi'i
Calon Guru Penggerak Angkatan 3
Kabupaten Poso

Pertanyaan Pemantik :

1. Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.

a. Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha yang dilakukan guru dalam menyesuaikan pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu secara keseluruhan tanpa membeda-bedakan satu sama lain. Agar pembelajaran berdiferensiasi ini bisa efektif terlebih dahulu guru harus membuat/merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mendesain pengalaman belajar yang menantang, bermakna dan relevan terhadap konten, proses dan produk yang akan di sajikan kepada murid sehingga kebutuhan belajar murid secara keseluruhan dapat terpenuhi.
b. Pembelajaran berdiferensiasi ini dapat di lakukan di kelas dengan cara :
  • Guru harus menganalisis mengidentifikasi dan mengamati perilaku siswa menggunakan tahapan BAGJA.
  • Guru memetakan Kebutuhan Belajar Murid (Kesiapan,Minat dan Profil)
  • Guru menyediakan konten/meteri yang kompleks dan sederhana bagi murid
  • Membedakan proses yang harus dijalani oleh murid
  • Menunjukan produk atau bukti yang dilakukan oleh murid berdasarkan pilihan sesuai kemampuan murid.
  • Fokus pada Penilaian Formatif (Berkelanjutan)
2. Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.

    Terkait peran guru sebagai pemimpin pembelajaran tentunya menginginkan semua muridnya mencapai hasil belajar yang optimal sesuai tujuan yang di diharapkan dalam hal ini terwujudnya pelajar sepanjang hayat yang memiliki nilai-nilai sesuai dengan profil pelajar pancasila. Menurut saya pembelajaran berdiferensiasi ini sangatlah tepat untuk diterapkan di kelas oleh sebab itu guru harus membuat serangkaian keputusan yang masuk akal dengan cara merespon setiap kebutuhan belajar murid, menciptakan lingkungan kelas yang aman nyaman dan bermakna dengan selalu membiasakan perilaku budaya positif pada murid, guru juga harus mampu mengelola manajemen kelas yang efektif serta memberikan penilaian secara berkelanjutan kepada semua murid.
    Ada 3 strategi pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru dalam menerapkan pembelajaran Berdiferensiasi ini :
  • Menyiapkan informasi bahan belajar yang konkrit dan mendasar sesuai dengan gaya belajar murid (Diferensiasi Konten)
  • Membangun pemahaman dan keterampilan murid dengan kompleksitas yang berbeda-beda (Diferensiasi Proses)
  • Menunjukan hasil unjuk kerja murid baik secara individu maupun kelompok menggunakan rubrik penilaian (Diferensiasi Produk)
    Konsep Ki Hajar Dewantara bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan,  Pendidik hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar dapat memanusiakan manusia sesuai dengan Kodrat alam dan kodrat zaman yaitu Anak diberi kebebasan namun pendidik sebagai pamong yang menuntun dan mengarahkan anak agar anak dapat belajar sesuai dengan bakatnya masing-masing.
Ingarso Sung Tulodho : ketika kita berada di depan maka selayaknya sebagai pendidik kita harus memberikan contoh sikap teladan yang baik kepada anak-anak agar penanaman karakter dan budi pekerti dapat terwujud. Oleh sebab itu perilaku seorang pendidik sangat berpengaruh besar buat anak-anak untuk dapat membiasakan/menanamkan perilaku baik kepada orang lain baik di lingkungan sekolah, masyarakat maupun dilingkungan sekitar sebab tipe anak-anak mereka lebih cenderung untuk meniru.
Ingmadyo Mangun Karso : Ketika berada ditengah maka sebagai pendidik dapat membangkitkan semangat jika anak-anak menghadapi suatu masalah. Sebab tugas guru bukan hanya sekedar mengajar tetapi juga mendidik, membimbing dan mengawasi perilaku anak-anak ketika mereka berada di sekolah maupun dilingkungan masyarakat. 
Tut Wuri Handayani : Ketika kita berada dibelakang maka sebagai pendidik kita harus mampu memberikan dorongan, mengarahkan dan menuntun anak agar mereka tidak salah arah. Artinya kita dapat memberikan keleluasaan kepada anak-anak untuk belajar tetapi harus tetap di awasi dan di kontrol perilaku keseharian nya.

0 komentar:

Posting Komentar

LEMBAR OBSERVASI E-KIN GURU DAN KS

     Silahkan download filenya pada link yang tersedia berikut 1. Petunjuk Tekhnis  Word    :      DOWNLOAD DISINI 2. Lembar Observasi Guru ...